Selasa, 03 Desember 2013

3 Uang Cair Di Dunia

http://us.images.detik.com/content/2013/12/03/6/dolaryuan.jpegShanghai -Saat ini ada 3 mata uang yang paling sering dipakai atau ditransaksikan di seluruh dunia. Mata uang apa saja yang paling sering digunakan di dunia saat ini?

Lembaga Society Worldwide Interbank Financial Telecomunication (SWIFT) mengatakan, dolar AS masih mendominasi transaksi perdagangan di dunia, dengan porsi 81,08% transaksi perdagangan di dunia menggunkan dolar.

Ada yang menarik, mata uang China yaitu Yuan mengambil alih posisi kedua, menyingkirkan Euro sebagai mata uang yang paling sering digunakan. Porsi yuan dalam transaksi perdagangan dunia adalah 8,66%, sementara euro adalah 6,64%.

"RMB (yuan) terus naik menjadi mata uang yang sering digunakan pada transaksi perdagangan dunia, terlebih di Asia," ujar Kepala bidang Pembayaran dan Perdagangan SWIFT di Asia Pasifik yaitu Franck de Praetere seperti dikutip dari AFP, Selasa (3/12/2013).

Organisasi ini mengatakan, China, Hong Kong, Singapura, Jerman, dan Australia merupakan 5 negara teratas yang menggunakan yuan untuk transaksi perdagangan selama Oktober 2013.

China yang merupakan negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia, terus mempromosikan yuan sebagai mata uang dalam perdagangan internasional.


Sumber: Detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar