Kamis, 21 November 2013

Yakin Tak Bahaya, Hilton Hawaii Pelihara Hiu untuk Hiburan Tamu

 Hilton Waikoloa Village-hiltonmomvoyageHAWAII - Sebuah resor di Hawaii menyambut kedatangan dua hiu. Tujuannya memberi edukasi kepada tamu tentang hiu dan menghilangkan anggapan tentang reputasi mamalia ini sebagai pemangsa manusia.

Hilton Waikoloa Village, terletak di Big Island Hawaii, adalah properti milik Hawaii Disney Land. Daya tarik utama tempat ini adalah Dolphin Quest Hawaii, di mana tamu yang menginap bisa berenang dan bermain dengan lumba-lumba terlatih. Kini, bertambah lagi atraksi di laguna Dolphin Quest, yakni dua hiu.

Kedua hiu tersebut dibesarkan di penangkaran, yang merupakan mamalia jantan, dengan panjang sekira 122cm, dan berumur 5 tahun. Erik Nash, pengelola laguna Dolphin Quest, mengatakan bahwa dia berharap kehadiran kedua hiu akan membantunya juga para tamu untuk lebih dekat dengan kehidupan hiu. Kedua hiu tersebut bagai "duta untuk rekan-rekan liar mereka".

"Idenya adalah untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik terhadap hiu dan habitatnya," katanya, seperti disitat Huffingtonpost, Kamis (21/11/2013).

Hiu berjenis blacktip reef shark ini terancam punah, dan menurut International Union for Conservation of Nature, hiu ini cenderung pemalu sehingga jarang menimbulkan bahaya bagi manusia. Hiu ini juga dikenal menyukai perairan dangkal berpasir, kadang-kadang juga dapat ditemukan di perairan payau dan sungai air tawar. Panjang rata-rata hiu dewasa “hanya” 1,6 meter.

Nantinya, pihak Hilton Waikoloa Village akan menjadikan kedua hiu ini atraksi hiburan yang bisa dilihat para tamu. Mereka juga bisa sambil memberi makan siang kawanan lumba-lumba yang telah lebih dulu didatangkan, biayanya USD200 orang untuk masing-masing tamu. Namun, belum ada harga yang dibebankan untuk atraksi bersama hiu.

Ke depan bakal ada atraksi berinteraksi dengan hiu. "Sebanyak tiga kali per hari. Tim kami, yang terdiri dari delapan anggota, kini sedang melatih mereka," tukasnya.

Sumber: http://travel.okezone.com/read/2013/11/21/407/900418/yakin-tak-bahaya-hilton-hawaii-pelihara-hiu-untuk-hiburan-tamu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar