Kamis, 21 November 2013

Misteri Patung yang Bisa Bergerak Sendiri Terpecahkan!

Patung Mesir yang berputar sendiri di Museum Manchester (Foto: naij)BEBERAPA bulan lalu, sebuah museum di Inggris dihebohkan dengan video yang memperlihatkan patung Mesir kuno koleksinya yang bisa berputar sendiri tanpa ada seorangpun menyentuhnya. Berbagai spekulasi sempat mewarnai, tetapi kini terungkap jawabannya. 

Patung Mesir bernama Neb-Senu setinggi 25 centimeter berusia ribuan tahun koleksi Museum Manchester, Inggris, ini terlihat berputar sendiri dalam sebuah tayangan video. Pihak museum meyakini bahwa patung ini dirasuki arwah pembuatnya sehingga bisa bergerak tanpa ada yang menyentuh. 

Namun, ternyata ada penjelasan logis di balik kejadian berbau klenik tersebut. Seorang ahli getaran, Steve Gosling, mencoba memecahkan misteri patung tersebut dengan menempatkan sebuah sensor di lemari tempat patung diletakkan. 

Dari sensor tersebut, terekamlah getaran-getaran yang menyebabkan patung tersebut bisa bergerak. Getaran itu hanya muncul pada pagi hingga petang, saat museum sedang ramai pengunjung. 

"Patung ini bergerak karena getaran yang disebabkan langkah kaki pengunjung berdampak ke lemari tempatnya berada. Struktur patung membuatnya sedikit demi sedikit berputar sendiri karena gerakan itu," kata Gosling, seperti dikutip dari Dailymail, Kamis (21/11/2013). 

Jadi, patah sudah dugaan bahwa patung tersebut bergerak karena ada arwah atau roh yang merasuk ke dalamnya. Semuanya pun jadi masuk akal setelah dijelaskan dengan ilmu pengetahuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar