Senin, 18 November 2013

Air Terjun Tanpa Air di Swedia

 
Hammarstrand - Air terjun yang bergemericik selalu menjadi tempat rekreasi yang sejuk nan indah, tapi ada yang berbeda di Swedia. Sebuah kejadian telah mengubah air terjun Storforsen atau Grand Rapids menjadi air terjun mati, alias tidak ada airnya.

Seperti dilansir dari situs Doda Fallet, Kamis (12/9/2013) sebuah kejadian telah mengubah air terjun Storforsen di danau Ragunda menjadi kering. Air terjun yang menghubungkan Danau Ragunda dengan Sungai Indalsalven dibawahnya mengering pada tahun 1796.

Air terjun Storforsen berubah menjadi air terjun mati atau biasa disebut Doda Fallet hanya dalam satu malam saja. Pada tahun 1796, perusahaan Grand Rapids menyewa kontraktor lokal bernama Magnus Huss, yang kemudian disebut Crazy Huss, untuk membuat Sungai Indalsaven dapat dilalui kayu yang mengapung sebagai sarana transportasi.

Magnus Huss memutuskan untuk membuat dam penahan Danau Ragunda di sisi barat dataran kerikil di sebelah air terjun dan membiarkan air yang mengalir membuat jalan menuju air terjun Storforsen. Sayangnya, Huss tidak memperkirakan limpahan air dari gunung di sekelilingnya. Tepat pada malam 6 Juni 1796, permukaan air meningkat dan menembus dam, mengakibatkan terkurasnya air danau Ragunda dan membanjiri hutan.



Sumber: http://travel.detik.com/read/2013/09/13/081629/2357640/1520/aneh-tapi-nyata-air-terjun-tanpa-air-di-swedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar